Komunitas Pati X-Trail : Utamakan Kebersamaan dan Kerukunan

Sebagai komunitas hobi, Pati X-Trail lebih mengutamakan unsur kebersamaan dan tolong menolong ketimbang persaingan ataupun kompetisi. Dalam kegiatan rutin mingguan saja, komunitas ini selalu berusaha menghidupkan warung-warung kecil di sepanjang jalan yang mereka trabas.

wpid-img_20151031_122631

“Kami biasa makan seadanya untuk menghidupkan warung-warung di lintasan terabas kami. Jadi masyarakat juga turut senang ketika kami berkegiatan. Selain itu kami juga sering melakukan kegiatan sosial untuk membantu korban bencana ataupun membantu perbaikan jalan-jalan pedesaan,” kata Desmon Hastiono, anggota komunitas Pati X-Trail sekaligus menjabat Sekretaris Daerah Pemkab Pati.

Untuk latihan bersama, komunitas ini rutin berkumpul di Joyokusumo pada Minggu pagi. Lalu mereka akan melaju ke Gunungrowo sebagai lokasi basecamp. Di sana mereka akan bertemu dengan club-club dari daerah lain seperti Wedarijasa, Tayu, Tambakromo dan masih banyak lagi.

“Gunungrowo ini sebagai titik berkumpul saja. Dari sana nanti baru kami putuskan mau melanjutkan ke titik lain seperti Jolong, Gunung Muria, Gembong atau bahkan daerah lain. Atau bisa jadi tidak kemana-mana,” katanya.

Tak hanya di siang hari, anggota komunitas ini juga sangat menyukai perjalanan malam. Menurutnya, sensasi di malam hari lebih asyik daripada di siang hari karena membutuhkan konsentrasi penuh.

“Di malam hari, sering anggota trabas tertinggal di belakang. Nah, agar tidak ketinggalan tentunya konsentrasi harus lebih ditingkatkan. Jika di siang hari mata bisa melihat kanan kiri, maka di malam hari pandangan hanya lurus ke depan untuk mengejar teman-temannya dan supaya tidak kesasar,” ujarnya.

Tidak hanya menjaga kekompakan di internal komunitas, Pati X-trail juga selalu menjalin persaudaraan dengan luar daerah. Terkadang mereka juga latihan bersama (latber) dengan komunitas trabas di luar daerah, seperti Purwodadi dan Blora.

Dengan sering mengikuti kegiatan di luar kota, trabas Pati pun selalu sukses mendatangkan komunitas luar daerah dalam setiap kegiatannya. Lihat saja, pada even tahunan, Jelajah Pati selalu saja ramai didatangi komunitas X-Trail dari luar kota bahkan luar pulau. (ai/ai/ws)

Sumber foto dan berita: http://harianpati.com/komunitas-pati-x-trail-utamakan-kebersamaan-dan-kerukunan/#ixzz46XCaqmvB

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s