“OFFROADER 10 DAYS SIAP MENGAUM DI BELANTARA SUMATERA”

Para offroader “10 DAYS Adventure 2016″ semakin siap menjelajah belantara Sumatera. Dalam waktu yang tinggal menghitung hari ini persiapan semakin dimaksimalkan baik persiapan fisik & mental pengendara, kendaraan, tenaga pendukung serta koordinasi lainnya.  Event yang akan berlangsung pada tanggal 17-26 September 2016 ini telah dinanti oleh penggiat offroad adventure roda 2 setelah sebelumnya tertunda 3 tahun sejak tahun 2013 lalu.

DESAIN LOGO TEMA 10 DAYS 2016

Gaung event yang bertemakan “EXPERIENCE SUMATRA”  ini semakin dirasakan mendekati hari H pelaksanaan seiring diselenggarakannya Press Conference & Technical Meeting pada 20 Agustus 2016 kemarin.

Highlight Foto 3

Event ini adalah kali yang ke-3 yang diselenggarakan oleh Trail Adventure Community Jakarta (TRACK Jakarta). Gelaran pertama menempuh jalur Jakarta-Jogjakarta pada tahun 2011. Gelaran kedua menempuh jalur Sangiran-Banyuwangi pada tahun 2012. Event ini sangat diminati oleh penggiat offroad roda 2 karena memiliki nilai lebih yakni  “Persahabatan – Keindahan Alam – Pengalaman”

 

Sebanyak 21 peserta, 2 mekanik serta 2 sweeper yang terbagi dalam 2 Tim akan berjibaku dalam medan offroad Sumatera sepanjang lebih dari 1500 km yang terkenal sangat menantang. Di gelaran kali ini peserta dituntut untuk memiliki kepekaan dan mental tinggi terhadap jalur offroad dan arah lintasan serta kerjasama tim yang baik mengingat hampir seluruh lintasan hanya dipandu oleh sistem navigasi GPS. Hanya sebagian kecil yang akan dipandu oleh leader lokal. Disiplin waktu menjadi kunci keberhasilan peserta melewati rintangan karena jalur offroad Sumatera masih banyak didiami oleh beberapa hewan liar seperti beruang dan macan. Sehingga tradisi perjalanan offroad malam yang sebelumnya sering dilakukan harus ditiadakan demi alasan keamanan.

Highlight Foto 1

Demikian pula dengan kesiapan motor yang menjadi kunci suksesnya perjalanan offroad kali ini. Kondisi lintasan yang jauh dari daerah perkotaan menuntut motor peserta berada dalam performa yang prima. Peserta juga diwajibkan membawa perlengkapan serta suku cadang motor sendiri karena minimnya outlet penyedia suku cadang. Bahkan peserta juga disarankan untuk menguasai beberapa teknik dasar penanganan kerusakan ringan sehingga tidak selalu mengandalkan mekanik di jalur.  Lintasan offroad Sumatera yang ganas akan menjadi cobaan berat bagi para peserta selama 10 hari.

Peserta berasal dari berbagai daerah diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Jawa Tengah. Beberapa diantaranya merupakan peserta baru yang akan turun dalam penjelajahan panjang ini. Selama 10 hari selain menempuh jalur offroad peserta juga akan berhelat ke beberapa komunitas offroad yang ada di sepanjang jalur lintasan. Suguhan keindahan alam dan budaya yang berbeda dengan Pulau Jawa menjadi daya tarik event yang diselenggarakan oleh komunitas penggiat offroad roda 2 di Jakarta ini.

DSCN0835 copy

Para offroader roda 2 akan merasakan langsung bagaimana serunya menyatu dengan alam dan masyarakat karena minimnya sarana akomodasi yang memadai sepanjang jalur offroad. Pengalaman adventure kali ini sepertinya akan terasa lebih kental tanpa menghilangkan unsur “Fun dan Happy” seperti kegiatan sebelumnya.

DSCN0821 copy 3

Bukittinggi dipilih menjadi kota tujuan finish karena pesona keindahannya serta nilai historisnya. Beberapa daerah yang akan dilalui dalam event kali ini diantaranya adalah Bandar Lampung, Merangin, Jambi, Palembang, Payakumbuh dan direncanakan finish di Jam Gadang, sebagai icon kota Bukittinggi pada tanggal 26 September 2016. Peserta akan menginap selama 2 malam di Bukittinggi untuk menikmati wisata kuliner & lokasi wisata diantaranya Kelok 9, Danau Singkarak, Bukit Harau dll.

Mengikuti perjalanan offroad panjang selama 10 hari memang bukan hal mudah. Selain kemampuan berkendara diperlukan pula ketangguhan mental menghadapi kondisi yang berbeda dengan jalur offroad di pulau Jawa. Selamat menjelajah. Bravo 10 Days Adventure 2016!

 

SALAM PERSAHABATAN SATU JALUR

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s