Menjajal Jalur Baru Gunung Sangar Bogor

Perjalanan kali ini ngobrolmotorcross menjajal jalur gunung Sangar, Sebenarnya jalur ini sudah ada sejak lama, tapi karena jarang ada yang melewati, Jadi dibuka lagi oleh warga kampung gunung Sangar. sehingga baru 1bulan jalur baru gunung sangar rampung dan siap dijajal track nya.

Tanjakan pertama masuk Gunung sangar sesudah kampung

Jalur Gunung sangar masuk kategori Hard, dengan tanjakan dan jalur batu serta jalur Rel membuat kita menguras tenaga. Selain itu Tanjakan yang tidak biasa membuat benar-benar tanjakan ini menguras tenaga.

Jalur masuk sini bisa lewat jalur Hambalang puncak 2, setelah lewat masuk ke arah Mulyasari, apabila ke Mulyasari belok kanan, ini lurus. Nah disana akan menemukan kampung gunung sangar setelah melewati Jembatan Bambu.  akan menemukan Kampung Gunung Sangar. Disana bisa menghubungi warga kampung Mang Ali dan Mang Tata untuk mengawal sampai Pasir Gombong.

Jembatan menuju Kampung Gunung Sangar
Jalur menuju gunung sangar yang indah

Masuk Jalur pukul 13.30, kami dengan di temani Mang Ali dan Mang Tata, mulai masuk Jalur Baru Gunung Sangar. Masuk jalur sudah disuguhi turunan dengan kemiringan 45 derajat panjang 300m. setelah itu handicap yang menurut saya terberat tanjakan sepanjang 200m dengan kemiringan tajam dan meliuk sehingga bikin ngobrolmotorcross tersengal-sengal di handicap ini. beber-bener tanjakan menguras tenaga.

Di tengah Tanjakan pertama..

Lalu setelah lolos tanjakan, seperti biasa jalur ini adalah jalur kebun kopi dengan ketinggian saya taksir di 1000mdpl, sehingga oksigen cukup terbatas, sehingga apabila dijalur ini kurangi bernafas dengan boros.. hahahaha. setelah 30 menit menikmati jalur kebun kopi yang teduh, dan beberapa tanjakan pendek terlewati. akhirnya kita sampai di saung Mang Diding, saung ini menunjukkan bahwa kita sudah sampai setengah jalur. di tempat mang Diding kita ber cengkrama dan disuguhin minum.

Sudah setengah jalur, berfoto di depan gubuk mang Diding yang Indah pemandangannya

Setelah istirahat kita melanjutkan perjalanan, setelah saung ada 1 tanjakan yang berkelok dan mengeril. cukup berat juga. masuk tanjakan itu perlu ditarik oleh mang Ali dan Mang Tata. setelah melewati tanjakan 2 berkelok ini sebenarnya ada tanjakan jalur ril yang panjangnya sekitar 200m penuh bebatuan, sehingga disarankan berhati-hati karena terlihat banyak goresan di batu karena benturan dengan footstep, mesin motor.

jalur setelah Tanjakan ke-2 yang ngeril dan panjang

Setelah melewati handicap ke-2, jalur sudah mulai turun dengan kemiringan juga cukup curam. jalur terus turun sampai kampung Pasir Gombong.

Jalur turun kebun kopi dan pinus.

Jalur Gunung sangar ini jalur pendek tapi dengan tingkat kesulitan yang cukup berat. sehingga saran saya apabila mau menjajal jalur ini lebih baik mengajak helper dari gunung sangar. ban lebih baik 18-21 offroad. dan jangan lupa bawa air, karena di jalur ini hanya ada 1 sungai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s