Ubar Sambil Baksos, Jalur Hambalang-Pancar-Cisadon jalurnya Syahdu nya bikin Bahagia

Setelah ditunggu, akhirnya gas bareng di bukit Hambalang terlaksana, kolaborasi Hambalang Adventure dan PATAS (Pancar Trail Adventure Sentul) dan banyak dukungan dari KTJ, Puskom dll. Akhirnya event ini sangat seru dan semacam reunian para offroader disekitaran Bogor, Jakarta. dan banyak juga offroader luar kota yang ikut mencicipi jalur ini.

Event Ubar Baksos ini menempuh 2 jalur masing-masing +/- 30km. Jalur Pertama adalah jalur puncak 2- Goa Monyet- Desa Cigobang. dan lanjut dijalur kedua Gunung Pancar – Cisadon. kedua jalur ini cukup syahdu terlihat banyak handicap mulai tanjakan, kali, jalur lumpur dan jalur porselin.

Pembukaan jalur dimuali pukul 9 pagi. setelah subuh diguyur hujan lebat, membuat jalur event ini terasa syahdu. start di tanjakan babeh Hambalang. para offroader sudah berkumpul sejak pukul 8. guyuran hujan membuat mereka makin bersemangat untuk menikmati jalur baru.

Start Pertama di buka oleh Haji Miftah (kiri Depan, Pembina Hambalang Adventure), Mulyadi PATAS (kanan depan, Ketua PATAS), Babeh Kukuh (jersey Merah,  DPRD Bogor) dan Wawang ketua Hambalang Adventure)

Event ini Cukup Sukses karena diikuti 500 offroader dari berbagai kota, dan yang menarik karena ini adalah baksos, offroader tidak dikenai pendaftaran. hanya memberikan uang seiklasnya untuk Baksos membangun Mushola di area jalur. Tetapi tanggung Jawab panitia sangat bagus, dengan tidak adanya pendaftaran, offroader disiapkan helper di beberapa titik handicap sulit dan team sapu bersih mengontrol apakah ada offroader yang ketinggalan atau hilang. dan team ini sampai pukul 9 malam masih dilokasi untuk sapu bersih. TOP

Evakuasi dijalur pinus desa Cigobang sampai jam 9 malam dari Hambalang Adventure dan PATAS
Evakuasi dijalur pinus desa Cigobang sampai jam 9 malam dari Hambalang Adventure dan PATAS
Team Evakuasi dari PATAS dan offroader yang baru keluar jalur.. syahdu

“Bagaimanapun semua offroader adalah saudara, meskipun ubar ini tanpa pendaftaran, tapi kami sebagai panitia menyiapkan helper dan team untuk evakuasi, karena kami berharap dengan adanya ubar ini semakin banyak jalur dan kampung di sekitar jalur yang dapat di support kawan-kawan offroader yang lain” – Ujar Wawank selaku ketua Hambalang Adventure

Kegiatan yang lebih mengandeng warga sekitar ini, secara simbolis sumbangan buat Mushola dan warga sekitar di desa Cimandala membuat offroader dan warga sekitar bisa saling support.

Penyerahan Sumbangan secara simbolis oleh Bapak Miftah selaku Pembina Hambalang Adventure
Foto bersama di tenda penyerahan sumbangan secara simbolis di desa Cimandala
Sambutan Babeh Kukuh selaku Anggota DPRD Bogor

Jalurnya sendiri memang cukup menguras tenaga. jalur yang diguyur hujan 3 jam membuat para offroader benar-benar harus ekstra tenaga dan memastikan kendaraannya fit. Jalur pertama Puncak 2 – Goa Monyet – Cigobang sendiri adalah jalur single track dengan banyak tanjakan, selain itu tanjakan tanah gembur membuat para offroader termehek-mehek, dan yang pasti jalur goa monyet yang terkenal dengan batu porselen nya memang hari ini membuktikan jalur ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Jalur tanjakan dan karakter tanah gembur membuat kita termehek-mehek

Jalur berkategori Medium-Hard ini benar-benar menjadi hard di acara itu, semua handicap menjadi sulit karena tanah yang licin, jelas buat motor matic dan ban 16-19 keteteran karena jalur yang gembur dan sudah mulai nge-rel, selain itu jalur pinus dengan tanah liat juga membuat para offroader keteteran baik di jalur tanjakan atau turunan.

Jalur Turunanpun juga cukup sulit, Maaf yang tercyduk bobok, salahkan yang tertawa di belakang.. hehehe
Antri di tanjakan kali, tanjakan licin yang nge-rel dan basah… bener-bener bejad.. hahahaha

 

Ngobrolmotorcross sedang mengantri di Tanjakan pinus Cigobang

Jalur kedua adalah Pancar-Cisadon, jalur ini tidak sedikit berbeda dengan jalur pertama kategori Medium Hard. Tapi ngobrolmotorcross tidak sampai masuk jalur ini karena selain mengawal juga stand by untuk evakuasi offroader yang belum lolos di jalur pertama.

Jalur pancar-sadon sendiri sebelumnya ngobrolmotorcross sudah mencoba 2 kali, Jalur pancar-sadon juga penuh tanjakan dan single track di lereng. jadi memang jalur ini sedikit berbahaya kalo offroader kurang konsentrasi, jalur tipis dengan jurang membuat kita harus ebih berhati-hati dan skill yang cukup untuk melewati ini.

Jalur Pancar-Cisadon yang tipis dan rawan longsor saat hujan
Panitia dari PATAS yang bahu-membahu memperbaiki jalur agar offroader nyaman saat melewatinya

Menurut ketua PATAS, Bapak Mulyadi Anwar “Peserta Ubar Sambil Baksos ini sebanyak 500 peserta, tetapi yang masuk ke jalur Pancar-Sadon ini sekitar 100 offroader, team kami di lapangan juga cukup sigap, saat motor trouble di jalur kami siapkan team mekanik dan evakuasi yang dilengkapi dengan HT agar mudah koordinasi, Nah buat yang 400 orang yang lain, mungkin bisa menjajal jalur ini dengan start dari gunung Pancar untuk ke depannya”

Beberapa Offroader yang sempat mencicipi jalur Pancar-Cisadon
Beberapa Offroader yang sempat mencicipi jalur Pancar-Cisadon
Beberapa Offroader yang sempat mencicipi jalur Pancar-Cisadon

Lihat serunya ngobrolmotorcross di Ubar sambil Baksos di Youtube

Nah buat yang penasaran, silahkan jajal jalurnya, kalo memang siap, bisa dihabiskan 2 jalur, tapi kalo fisik sudah lelah mungkin di jalur pertama sudah cukup. jangan lupa bawa stok minum yang banyak. dan kampas kopling di cek sebelum berangkat. karena dari beberapa offroader yang stop dijalur semua bermasalah dengan kampas kopling.

Terima kasih panitia, para pendukung Ubar Baksos ini. jalurnya mantap dan syahdu. #HidupadalahDolan

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s